Home » » Tau G' Sih Kenapa Vespa Jdi Kendaraan Yang "tak ada Matinya" (Sejarah Vespa)

Tau G' Sih Kenapa Vespa Jdi Kendaraan Yang "tak ada Matinya" (Sejarah Vespa)

Ditulis Oleh Beny Setiawan pada Minggu, 08 April 2012

Vespa saat keluaran saat ini dinamakan "Mp3" [http://lintasbatas.grou.ps]

Siapapun di Indonesia tentu  sudah tidak asing lagi dengan kendaraan super montok ini. Vespa memang sebuah kendaraan yang sudah di kenal sejak puluhan tahun yang lalu, Hingga saat ini, vespa baik model lama maupun terbaru memang dikenal dan menjadi salah satu kendaraan yang banyak di cari. Baik oleh kolektor atau penggemar vespa biasa (tentu dengan jenis tertentu yang memiliki kelebihan).

Seperti halnya kongo, super sprit dan lain sebagianya. Adalah kendaraan yang banyak dicari dengan harga yang cukup mencengangkan.Terkadang, seseorang bisa membeli vespa yang diinginkannya melebihi apa yang kita bayangkan. 
vespa TAP dulu digunakan untuk perang [http://lintasbatas.grou.ps/]

Bagaimana itu bisa terjadi? Sungguh sebuah prestasi besar, karena ternyata vespa adalah sebuah kendaraan yang terlahir dari perusahaan yang mengalami pailit yang dinyatakan bangkrut. Mungkin ini adalah sebuah imbalan karena sampai saat ini, vespa tetap menjadi sebuah kendaraan yang tidak mati di tengah membeludaknya industri kendaraan roda dua.

Untuk lebih jelasnya mengenai vespa, berikut adalah sebuah ulasan yang merupakan terjemaahaan dari Wide Piaggio Magazine edisi September 2011. 

Perusahaan Piaggio telah berdiri sejak tahun 1884 dilahirkan oleh Rinaldo Piaggio, perusahaan saat itu memproduksi peralatan untuk dunia penerbangan, perkapalan dan kereta api. Waktu berakhirnya perang dunia, perusahaan menghadapi masa sulit dan harus menyesuaikan diri dari perubahan ekonomi dari saat perang dan masuk kepada kebutuhan dunia di masa damai.
 Rinaldo Piagio Pemilik perusahaan pesawat yang bangkrut [http://lintasbatas.grou.ps/]

Saat itulah Enrico Piaggio, anak dari Rinaldo Piaggio, memutuskan untuk memberikan kontribusi dengan menciptakan alat transportasi yang murah, irit bahan bakar yang bisa dikendarai oleh wanita dan pria dengan kondisi jalan yang buruk sekalipun.

Tahun 1944, para engineer Piaggio mulai mendesign protototype yang dinamakan MP5, saat itupun para pekerja sudah memberikan julukan “Paperiono” Donald Duck karena bentuknya. Seorang engineer Piaggio yaitu Corradino D’Ascanio yang sudah bekerja pada Piaggio sejak 1932, kemudian ditugaskan untuk mendesign ulang MP5 supaya menjadi lebih cantik dan cocok di produksi secara masal.
Enrico Piaggio Pencipta Vespa [http://www.vespaclubofscotland.co.uk]


Pada bulan September 1945 D’Ascanio mengeluarkan MP6 dan akhirnya terus diperbaiki hingga April 1946. Saat itu sang boss Piaggio Enrico Piaggio begitu senang dengan prototypenya, ketika mendengarkan suara mesin dan bentuknya yang besar di belakang dan mengecil ditengah dia mengatakan  “Sembra una vespa!” Bentuknya mirip tawon!
Vespa pertama dinamakan MP5  [http://viqidisini.blogspot.com]


Pada 22 April 1946, disain tersebut di patenkan: sebuah motor dengan frame yang menyatu dan melindungi pengendara dan menutupi mesin. Penjualan pada awalnya tidak begitu baik, tapi akhirnya Piaggio memutuskan untuk fokus di scooter dan berhenti dari dunia penerbangan. Akhirnya produksi scooter juga dilanjutkan dengan produksi kendaraan yang sebetulnya untuk komersil seperti Ape (dikenal secara luas di Indonesia dengan Bajaj 3 roda).
Vespa Ape sekarang harganya mencapai ratusan juta rupiah [http://lintasbatas.grou.ps]

Penerimaan dunia pada Vespa awalnya tidak begitu baik, sampai akhirnya pada 1947-1948 dengan Vespa 125, dunia mulai mengenal Vespa secara luas dan sukses secara komersil. 10 tahun setelah muncul yaitu tahun 1956, pabrik di Pontedera mencapai produksi ke sejuta. Hingga kini ada 17 juta lebih Vespa dalam 130 versi di seluruh dunia. Vespa menjadi bintang dalam sejarah transportasi, design, design yang unik dan out of the box memberikan manfaat dan simbol keleluasaan, fashion dan kreativitas

D’Ascanio sebetulnya adalah seorang ahli di dunia pesawat terbang, pencipta protoype pertama helikopter modern. Sebetulnya D’Ascanio tidak menyukai motor, yang saat itu adalah satu-satunya kendaraan roda dua pada waktu itu. Menurutnya motor terlalu besar dan tidak praktis, karena sulitnya mengganti ban dan kotor karena penggunaan rantai.

Karena itu dia mendesign kendaraan yang betul-betul beda, dengan menggunakan frame yang menyatu atau unibody, sebagai hasilnya keluarlah scooter dengan mesin 98 cc, tanpa menggunakan garpu depan tapi swing arm di bagian depan yang memungkinkan ban depan di ganti dengan mudah. Body unibody scooter terbuat dari metal, yang melindungi kaki pengemudi dengan posisi duduk seperti di kursi. (http://arantan.wordpress.com)

Melihat sejarahnya, pantas saja vespa menjadi salah satu kendaraan yang tidak ada matinya. Karena memang vespa telah lahir dari penjuangan yang begitu berat. Mungkin ini menjadi sebuah motivasi bagi kita, ketika mengalami kebangkrutan atau keterpurukan, maka jangan pernah berhenti untuk berusaha membuat inovasi untuk bangkit dan meraih kembali kesuksesan.

Dalam hal ini, seperti halnya Vespa yang telah bangkrut, bisa kembali dengan sesuatu yang baru. Ini adalah sebuah prtestasi yang sangat membanggakan. Inspirasi inilah yang seharusnya ditanamkan untuk kita. Munkin juga bangsa indonesia. Amiiin.
***


SUMBER

DiPosting Oleh : Beny Setiawan ~ Pakbendot.com

Artikel Tau G' Sih Kenapa Vespa Jdi Kendaraan Yang "tak ada Matinya" (Sejarah Vespa) ini diposting oleh Beny Setiawan pada hari Minggu, 08 April 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar