Home » » Merlung Tempo Dulu

Merlung Tempo Dulu

Ditulis Oleh Beny Setiawan pada Rabu, 11 April 2012


M.T. Fachruddin dkk
penghujung tahun 1950-an, ketika terjadi Pemberontakan PRRI/Permesta, ikut menyelematkan NKRI
Sumber: Kamal Firdaus

H.ABD.AZIZ (1898 -1960)
(PHOTO:suasana pesentren yg diasuh Datuk Hakim tahun1930an)
Beliau seseorang ulama besar merlung. lulusan ponpes seberang kota jambi anak dari H.Daud. juga seorang panutan pada masanya. Dia memiliki saudara saudara yang juga ulama besar di merlung. H. Majid berkat usahanya merlung menjadi pusat pendidikan agama islam. Cahaya ilmu di kepasirahan tungkal oeloe dan kec tungkal ulu. Pengaruhnya sangat terasa pada kehidupan agama pada orang orang merlung sampai saat ini madrasah darul islam menjadi cahaya ilmu menyebar keseluruh kecamatan. Dia juga disegani berkat akhlakul karimah, menjaga setiap inci perkataan sebagian besar masyarakat menjuluki sebagai ulama, datuk hakim, sekaligus sufi. Dia menjabat sebagai datuk hakim ke-3 pada pemerintahan kepasirahan. Saat wafat ribuan orang mengantar jenazahnya sampai keliang lahat di pemakaman di komplek mesjid Jami’ Almujahidin.
Sumber: Merlung Thexfactor

Ahmad Dahlan/Pesirah Patah

Keterangan : Dia lah pasirah pertama di Toengkal Oeloe, sebelum adanya kepasirahan, dia sudah terkenal dengan sebutan orang kayo yaitu sebutan untuk pemimpin pada zaman itu, dan semenjak belanda masuk ke daerah merloeng sekitar 1900-an awal, dia diangkat menjadi kepala pasirah merloeng, sebelum akhirnya disebut pasirah toengkal oeloe pada tahun 1951. Kakinya patah ditembak pistol sewaktu melawan pengkhianat yang ingin membunuhnya. Dia dimakamkan di kompleks Masjid Jami’ Al- Mujahiddin Merlung.
Sumber: Merlung Thexfactor


Keterangan :Pemboman bekas markas pertahanan Tentara RI Bataliyon Gatot Kaca pimpinan
Mayor Z. Riva'i oleh Belanda di Merlung. (lukisan)
Sumber : http://lasykarselempangmerahkualatungkal.blogspot.com
Masyarakat Merlung Jaman Dulu
sumber : pemerinatah belanda
tahun poto : 1912 - 1914
M.T. FACHRUDIN

Keterangan : Tidak banyak masyarakat Merlung yang melek huruf latin pada masanya, sekolah pada masyarakat melayu dianggap tidak begitu penting, mereka lebih memilih memotong karet, tetapi dari sekian itu masih ada yang bersekolah tinggi sampai dia bersekolah ke Pematang Siantar Sumatera Utara dan kabarnya satu sekolah dengan Wakil Presiden RI ke-3 H. Adam Malik. Dialah tokoh sentral dalam dunia pendidikan modern di masy. Merlung. Berkat kecerdasannya dia dipilih menjadi Pasirah II di Kepasirahan Toengkal Oeloe . dia juga pernah menjadi anggota dewan terhormat prov. Djambi. Almarhum wafat di merlung dimakamkan di makam Pahlawan dan mewariskan kepada anaknya menjadi Pasirah berikutnya.
Sumber: Kamal Firdaus

Keterangan :May. Z. Riva'i Kom. Bat. Gatot Kaca di Merlung tahun 1949
Sumber : http://lasykarselempangmerahkualatungkal.blogspot.com

Al Quran Tulis Tangan
Al Quran tulis tangan ulama merlung M. khatib batu yang wafat sktr 1910an, alquran ini tersimpan di Masjid Jami' Al mujahiddin Merlung
Sumber: Merlung Thexfactor

Masjid Al Jami' Mujahiddin Merlung
Tahun Photo : diperkirakan Tahun 1912, Tapi melihat arsitekturnya, ada memperkirakan
antara tahun 1920 - 1930.
Photo Ulang : 2011, Oleh Heru Sandria
Keterangan: Masjid Jami Al Mujahidin, Masjid Pertama Merlung sebelum masjid Jami Merlung yang berada tidak jauh dari masjid ini. Masjid ini sekarang sudah di rombak/dirubah dari aslinya, 90% baru tapi tetap arsitektur lama. Terletak di dalam Pasar Merlung.

SUMBER

DiPosting Oleh : Beny Setiawan ~ Pakbendot.com

Artikel Merlung Tempo Dulu ini diposting oleh Beny Setiawan pada hari Rabu, 11 April 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar