Home » » 17 Tips Dan Trik BlackBerry

17 Tips Dan Trik BlackBerry

Ditulis Oleh Beny Setiawan pada Sabtu, 05 Mei 2012

 
Berikut ini berbagai aneka tips blackberry yang penting untuk di jadikan solusi pada masalah yang mungkin saja terjadi, semoga bermanfaat  :

1. Browser di Blackberry Hilang ==>Saat akan surfing di dunia maya, tiba-tiba kamu menyadari bahwa Browser di Blackberry kamu menghilang. Masalah ini kerapkali terjadi bila kamu telah mengupdate sistem operasi terbaru Blackberry lewat Desktop Manager. Biasanya untuk

mengatasi masalah Browser yang hilang, kita bisa melakukan Host Routing Table (HRT), namun jika cara ini masih juga belum mampu mengembalikan Browser BB kamu, maka jalan
terbaik adalah cek apakah kamu punya Paket Blackberry aktif? Seperti kita ketahui tanpa adanya paket Blackberry yang aktif, tidak ada service book, sehingga kamupun tidak bisa melakukan HRT.

2. Kirim SMS Gratis di Blackberry ==>dengan KIKKIK merupakan aplikasi instant messanging untuk Blackberry, sama seperti BBM atau BlackberryMessenger. Namun bedanya KIK telah terintegrasi dengan SMS. Dengan aplikasi KIK di Blackberry, kamu bisa mengirim pesan baik kepada sesama pengguna KIK, maupun ke user lain yang tidak menggunakan KIK, dimana pesan akan diterima dalam bentuk SMS. KIK memberikan 50 sms per bulan, jika itu belum cukup maka kamu bisa membeli kredit untuk menambah jatah sms kamu. Kalau kamu ingin saling berkirim pesan secara gratis maka ajaklah teman kamu untuk sama-sama menggunakan KIK, maka kamu bisa bebas saling berkirim pesan, seperti layaknya lewat BBM. Ingin mencoba KIK, kunjungi Blackberry App World langsung dari BB kamu.

3. Tips BBM (Blackberry Messenger)Chatting di BBM ==>memang mengasyikan dan terkadang bisa berlangsung berjam-jam tanpa terasa, nah, bila kamu baru memiliki sebuah Blackberry, dan masing agak kaku dengan yang namanya BBM, berikut adalah trick BBM khusus untuk kamu. 
* Menambah Kontak pada BBM. Ada beberapa cara yakni dengan mempergunakan unique PIN, kamu memberikan PIN kepada seseorang atau sebaliknya. Selain PIN kamu juga bisa menambah kontak di BBM dengan mempergunakan alamat email yang terhubung ke BB kamu, atau juga kamu bisa menscan unique barcode dari Blackberry teman kamu. Yang pasti jangan pernah men-share PIN atau alamat email kamu ke sembarang orang, apalagi sampai menulisnya di Facebook, Twitter atau Friendster. Sebaiknya hanya teman akrab kamu aja yang tahu PIN atau alamat email kamu. 
* Backup Kontak BBM secara teratur. Sekedar jaga-jaga bila suatu waktu BB kamu error maka membackup kontak BBM secara teratur sangat dianjurkan. Caranya masuk ke BBM, tekan tombol menu Blackberry, cari Contact List section dan kemudian “Save a Copy of Your Contact List” kamu bisa menyimpan di Memori Card atau di server RIM. 
* Lebih cermat dengan BBM Groups. Bergabung dengan sebuah group memang mengasyikan, namun hati-hati aja karena kamu bakal menerima notifikasi dari setiap aktivitas di group tersebut yang bisa membuat Blackberry kamu jadi lemot karena harus terus uptodate dengan BBM Group tersebut. Jadi sebaiknya kamu nonaktifkan Save Message History ataupun Save Picture dari Groups tersebut. 
* Sebaiknya hindari penggunaan BBM Broadcast Messages secara berlebihan. 
* Nonaktifkan juga fitur Auto-accept voice notes dan sebaiknya kamu menerima transfer file dari orang yang kamu kenal saja, jangan sampai sembarangan begitu saja menerima file dari orang lain yang tidak kamu kenal.

4. Print Langsung dari Blackberry dengan Aplikasi Cortado Workplace ==>Secara sekilas Cortado Workplace hampir sama dengan File ManagerBlackberry lainnya. Kita bisa melihat,  browse file di Blackberry kita dengan lebih nyaman. Satu yang istimewa dari Cortado Workplace adalah kita bisa mengakses, melihat-lihat file di media penyimpanan online, bukan hanya file yang berada di Blackberry kita saja. Selain itu Cortado Workplace dilengkapi dengan fitur yang cukup bermanfaat yakni kita bisa melakukan proses printing secara wireless alias nirkabel, tanpa lagi memerlukan sebuah kabel, atau tanpa lagi kita perlu memindahkan data terlebih dahulu ke komputer. Dengan Cortado Workplace kita bisa melakukan proses cetak mencetak langsung dari Blackberry kita, namun tentunya yang kita
perlukan adalah sebuah printers yang dilengkapi dengan fasilitas Wireless Printing. Kamu bisa Download langsung dari BB kamu lewat Blackberry App World.

5. Download Twitter untuk Blackberry ==> Akhirnya Twitter for Blackberry resmi direlease, jika kamu seorang Tweeple dan sudah lama mempergunakan aplikasi twitter seperti Uber Twitter, maka kini sebuah kabar gembira karena telah hadir Twitter For Blackberry resmi dari RIM.Beberapa fitur penting dari Twitter untuk Blackberry adalah 
* Notifikasi ketika ada Tweet baru atau Replies. 
* Kemampuan untuk Add dan melihat friend. 
* Twitter List Functionality. 
* Kamu bisa mengedit Profile Twitter langsung di Blackberry. 
* Merubah photo kamu langsung dari BB.
* Following dan Follower. 
* Kemmpuan untuk posting, sending, deleting, replying dan re - Tweeting Tweets. 
* User/save/keyword/proximity searchKamu bisa Download Twitter for Blackberry langsung dari Blackberry kamu lewat Blackberry App World atau juga bisa mengunjungi Beta Zone Blackberry

6. Cara Update Blackberry Langsung dari Blackberry ==> AndaKamu pasti mengenal proses Update/Upgrade OS Blackberry lewat komputer, dimana kita tinggal mendownload file OS ke Komputer kita, lalu dengan sebuah Application Loader kita bisa langsung melakukan proses Update Sistem Operasi Blackberry kita. Cara seperti ini, bagi sebagian orang memang cukup rumit. Padahal ada sebuah cara yang cukup mudah untuk melakukan Proses Update Blackberry kamu secara langsung, tanpa memerlukan bantuan komputer, yakni proses Update secara OTA (Over The Air). 
Caranya masuk ke menu Option > Advanced Option > Wireless Update. Ketika update tersedia untuk Blackberry kamu, akan muncul icon untuk melakukan proses update. Proses seperti ini cukup mudah dilakukan dan tentunya tidak terlalu ribet. Waktu dibutuhkan bisa memakan waktu sampai 2 jam, jadi siap-siap saja untuk mencharge BB kamu, supaya tidak kehabisan baterai waktu proses update sedang berlangsung.

7. Memindahkan File dari Blackberry Lama ke Blackberry Baru ==>Saat kamu mengganti Blackbarry lama (misal Blackberry Curve) dengan Blackberry yang baru (misal Blackberry Bold) satu yang sering menjadi masalah adalah bagaimana memindahkan file (lagu, gambar sampai foto) dari BB lama ke Blackberry baru. Ada berapa cara memindahkan data dari BB lama ke BB baru. 
* Pertama dengan cara mengkopi seluruh file dari memori card ke komputer, setelah itu kamu mengkopi ulang dari komputer ke memori card, Blackberry baru kamu. 
* Kedua, kamu bisa mengkopi satu persatu file lewat bluetooth dengan resiko proses akan berlangsung sangat lama. 
* Cara ketiga, yang tercepat dan termudah adalah kamu tetap menggunakan memori card yang sama, artinya memori card dari BB lama tinggal kamu pindahin ke BB baru kamu, cukup mudah dan simple bukan?

8. Mengendalikan Blackberry dengan Komputer ==> Kalau kamu termasuk orang sibuk dan selalu berkutat dengan komputer untuk menulis laporan atau melakukan pekerjaan lain, mungkin pernah mengalami dimana kamu tidak mengetahui kalau ada sms masuk atau ada telepon masuk ke Blackberry kamu. Nah dengan sebuah aplikasi bernama Blurts untuk Blackberry, kamu bisa mengendalikan Blackberry kamu lewat komputer dengan menggunakan koneksi Bluetooth. Dengan Blurts, kamu bisa melihat sms masuk, membalas sms, telepon masuk, merejectnya, langsung dari komputer kamu. Cukup enak bukan, jadi sambil kerja kamu pun tidak akan ketinggalan lagi kalo ada sms masuk. Kamu bisa mendownload Blurts langsung dari BB kamu lewato Blackberry App World.

9. Mengatasi Masalah Keyboard Error ==>pada BlackberryKarena faktor cuaca (misal suhu yang dingin) ada kemungkinan Blackberry kamu juga kena inpasnya, misalnya Keyboard di BB kamu jadi ngaco, saat kamu menekan tombol del, yang keluar malah huruf “ws” di layar BB kamu. Cara sederhana mengatasi masalah Keyboard yang ngaco di Blackberry karena faktor cuaca dingin adalah seperti di bawah ini 
* Sambungkan BB kamu ke komputer atau laptop kamu. 
* Jalankan “Desktop Manager”. 
* Kemudian klik “Backup and Restore”. 
* Pada Backup Option klik Back Up. 
* Setelah proses Back Up selesai, biarkan BB kamu tersambung ke komputer untuk beberapa saat.

10. Mengatasi Masalah Folder Aplikasi Hilang ==> Mungkin kamu pernah mengalami masalah dimana Folder Aplikasi (Application Folder) dimana didalamnya terdapat aplikasi-aplikasi Blackberry hilang dari homescreen kamu. Jika kamu mengalami masalah seperti ini, yang pertama mesti dicek adalah tentang hidden file atau file yang disembunyikan. Cek apakah tanpa sengaja kamu menyembunyikan aplikasi dan icon dari homescreen kamu, caranya tekan tombol menu (menu key) kemudian pilih Show All. Solusi kedua kamu bisa membuat sebuah folder aplikasi baru atau solusi ketiga dengan cara reset theme atau tema Blackberry kamu posisi default,  
caranya pilih menu Option > Themes > Highlight Theme kemudian tekan tombol menu > Reset Theme Default.

11. Menghapus PIN pada Blackberry Bold ==> Sebuah pertanyaan kenapa kita mesti menghapus PIN Blackberry? Jika kamu berniat untuk menjual BB kamu, maka menghapus PIN BB akan sangat bermanfaat, karena jika PIN Blackberry kamu tidak dihapus maka nantinya pemilik Blackberry yang baru akan menerima semua pesan yang ditujukan ke kamu (sesuai nomor PIN kamu). Cara terbaik untuk menghapus PIN Blackberry adalah dengan cara mendisable atau unlink PIN kamu, untuk melakukan itu semua cara cukup mudah hubungi operator dimana kamu berlangganan Blackberry dan mintalah kepada mereka untuk me-remove/ menghapus atau unregister PIN kamu dari BIS Account punya kamu. Cukup mudah bukan?
 
12. Mencegah BBM Memforward Message ke E-mail ==> Ketika kamu menggunakan BBM atau Blackberry Messenger, satu masalah utama yang sering dihadapi adalah BBM secara otomatif memforward message ke Email yang terdaftar di BBM. Untuk menghentikan proses forwarding ini, langkah yang mesti kamu lakukan adalah menstop auto-forwarding di BBM. Pada BBM masuk ke menu Option > Show Conversations in Message List = NO.

13. VOIP untuk Blackberry ==>Kalau kamu punya family atau pacar di luar negeri dan sering melakukan komunikasi lewat telepon, tentu bakal merasakan besarnya biaya yang mesti dikeluarkan untuk sekali nelpon. Solusi terbaik yang bisa diandalkan untuk bisa menghemat pengeluaran tersebut adalah dengan menggunakan komunikasi VoIP atau Voice over Internet Protocol yakni menelepon dengan memanfaatkan jaringan internet (protokol). Keuntungan menggunakan layanan VoIP, hemat dan bahkan gratis hingga kita tidak perlu khawatir dengan masalah biaya ataupun roaming. Untuk mulai memakai layanan VoIP di Blackberry kamu, aplikasi VoIP berikut ini mungkin akan berguna. Kamu bisa mendownload
aplikasi VoIP untuk Blackberry berikut ini langsung lewat Blackberry App World di BB kamu. 
* Truphone – Aplikasi VoIP yang cukup baik untuk telepon lokal ataupun international. 
* Yeigo – memungkinkan kita untuk melakukan voice chat, chat sampai instant message. 
* Vopium – menawarkan layanan telepon lewat GSM ataupun VoIP. 
* Raketu’s Blackberry VoIP Service. 
* Eqo Mobile.

14. Mengatasi Masalah Nickname ==>pada BBMSaat membeli sebuah Blackberry second, satu masalah yang sering muncul adalah saat kamu menjalankan BBM, Nickname sering ngaco alias tidak sesuai dengan data yang kita miliki. Masalah nickname ini bisa muncul karena Blackberry Second tersebut sebelumnya tidak di Wipe Handheld sehingga data-data dari pengguna terdahulu masih tersimpan di Blackberry tersebut. 
Untuk mengatasi masalah seperti ini pertama pastikan Info Name (My Info) sudah sesuai dengan username, masuk ke Aplikasi BBM > tekan menu dan kemudian pilih Edit My Info lalu masukan Username. Untuk masalah Contact pada BBM atau Blackberry Messenger, solusi yang terbaik adalah dengan menghapus dulu contact lama kemudian Add lagi baik dengan menggunakan Email atau PIN Blackberry teman kamu.

15. Mengaktifkan GPS ==>untuk BlackberryBeberapa model Blackberry seperti Blackberry Curve 8310, Blackberry Bold 9700 ataupun Blackberry Storm2 9520 telah dilengkapi dengan built GPS, sehingga bisa dipakai untuk kegiatan Navigasi, Menentukan Posisi kita berada sampai GeoTagging Photo. Nah berikut adalah cara singkat Tutorial Setting GPS di Blackberry.Akses menu Option, Advanced Option dan pilih GPS. Setelah berada di menu GPS, akses Option, GPS Services dan klik trackball kemudian pilih Location ON.Cukup, sekarang GPS di Blackberry kamu telah aktif dan bisa digunakan, untuk mengetesnya jalankan Blackberry Map ataupun Google Map, maka posisi saat ini kamu berada akan berada di peta di Blackberry kamu.

16. Merubah Icon==> Kalau kamu bosan dengan tampilan icon di homescreen Blackberry yang itu- itu aja dari hari ke hari. Kini telah ada sebuah aplikasi yang bisa merubah icon apapun di homescreen di Blackberry kamu dengan langkah mudah. Dengan aplikasi Iconify kamu bisa merubah icon mulai dari icon email, call, contact, messages baik itu dengan icon bawaan Iconify maupun kamu bisa memilih dengan gambar yang sesuai dengan keinginan. So…. Kalau kamu ingin Merubah atau Mengganti Icon di Blackberry maka Iconify akan memberikan kemudahan untuk mewujudkan keinginan kamu tersebut. Sebuah catatan Iconify hanya support untuk Sistem Operasi Blackberry 4.3 ke atas, jadi kalau OS BB kamu masih jadul alias di bawah 4.3 sebaiknya segera lakukan Upgrade OS BB kamu ke versi terbaru.

17. Mengirim File Lewat Bluetooth ==>Suatu ketika, saat akan mengirimkan sebuah file atau lagu, ternyata kamu tidak bisa Mengirim Lagu lewat Bluetooth dari Blackberry ataupun sebaliknya kamu tidak bisa menerima file lagu dari handphone lain ke Blackberry kamu. Beberapa solusi berikut mungkin berguna saat kamu mengalami error tidak bisa mengirim atau menerima file lewat bluetooth di blackberry : 
* Pastikan koneksi bluetooth di BB kamu aktif, juga pastikan bahwa BB kamu dalam kondisi visible atau discoverable alias bisa didetect oleh device/ hp lain. Masuk ke menu Option-Bluetooth tekan Blackberry Key, kemudian rubah Discoverable ke posisi Yes. 
* Saat akan menerima file lagu dari Handphone lain, masuk ke Folder Media, pilihlah Folder dimana kamu ingin menyimpan file yang akan diterima (Music, Video, Ringtones, atau Pictures), setelah itu pilih subfolder (Device Memory, Preloaded, Media Card). Tekan tombol menu, pilihlah Receive Using Bluetooth. Setelah semua siap, langkah selanjutnya adalah kirimkan file dari hp/bb lain ke bb kamu. 
* Jika kamu masih mengalami kesulitan dalam proses Menerima dan Mengirim File Via Bluetooth di Blackberry, langkah terakhir adalah menggunakan sebuah aplikasi yang khusus untuk proses Transfer File Lewat Bluetooth di Blackberry, kamu bisa mendownload Blackberry File Transfer PRO langsung lewat Blackberry App World dari Black

DiPosting Oleh : Beny Setiawan ~ Pakbendot.com

Artikel 17 Tips Dan Trik BlackBerry ini diposting oleh Beny Setiawan pada hari Sabtu, 05 Mei 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :

5 komentar:

  1. Makasih info dan tutorialnya sob :)

    BalasHapus
  2. Ada problem ni kkk,sama bb bold saya,jadi lampu keypad nya mati,pas lagi restart trs pas loading black berry nya itu idup,tpi pas udah di menu tuh mati.ngerti kk?

    BalasHapus
  3. Kak apa bisa kita mengirim pesan bbm tapi pin kita tidak terlihat/hidden dari si penerima pesan? Kalau bisa bagaimana caranya? Mohon petunjuknya...

    BalasHapus
  4. Produk dijamin asli.
    Dina Shop : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Garansi Resmi Distributor dan gransi TAM.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS:0896-9198-6257 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI DI http://dina-shop7.blogspot.com/.
    BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

    BLACKBERRY
    Asli Buatan Canada.
    HARGA PROMO

    BlackBerry 8230 Rp. 500.000
    BlackBerry 8330 Rp. 500.000
    BlackBerry 8700 Rp. 500.000
    BlackBerry 8830 World Edition Rp. 500.000
    BlackBerry 9330 kepler Rp. 1.100.000
    BlackBerry Bold 9000 Rp. 1.100.000
    BlackBerry Bold 965 Rp. 900.000
    BlackBerry Bold 9700 (Onyx) Rp. 700.000
    BlackBerry Bold 9780 (Onyx II) Rp. 800.000
    BlackBerry Bold 9790 (Bellagio) Rp. 1,100.000
    BlackBerry Bold Touch 9900 (Dakota) Rp. 1,500.000
    BlackBerry Bold Touch 9930 (Montana) Rp. 1,200.000
    BlackBerry Curve 3G 9300 (Kepler) Rp. 700.000
    BlackBerry Curve 3G 9330 Rp. 700.000
    BlackBerry Curve 8310 Rp. 550.000
    BlackBerry Curve 8320 Rp. 600.000
    BlackBerry Curve 8520 (Gemini) Rp. 500.000
    BlackBerry Curve 8530 Rp. 550.000
    BlackBerry Curve 8900 (Javelin) Rp. 700.000
    BlackBerry Curve 9220 (Davis) Rp. 650.000
    BlackBerry Curve 9320 (Armstrong) Rp. 700.000
    BlackBerry curve 9330 cdma-berrindo Rp. 800.000
    BlackBerry Curve 9350 Rp. 800.000
    BlackBerry Curve 9360 (Apollo) Rp. 950.000
    BlackBerry Curve 9370 Rp. 800.000
    BlackBerry Curve 9380 (Orlando) Rp. 900.000
    BlackBerry Pearl 3G 9100 Rp. 700.000
    BlackBerry Pearl 3G 9105 Rp. 700.000
    BlackBerry Pearl 8100 Rp. 500.000
    BlackBerry Pearl 8120 Rp. 500.000
    BlackBerry Pearl 8130 Rp. 500.000
    BlackBerry Pearl Flip 8220 Rp. 600.000
    BlackBerry Pearl Flip 8230 Rp. 500.000
    BlackBerry PlayBook Rp. 1,200.000
    BlackBerry PlayBook 64GB Rp. 1,200.000
    BlackBerry PlayBook-32GB Rp. 1,200.000
    BlackBerry porsche design p'9981 Rp. 4,8250.000
    BlackBerry porsche design p'9981 Rp. 4,4500.000
    BlackBerry Storm 9500 Rp. 700.000
    BlackBerry Storm2 9520 Rp. 700.000
    BlackBerry Storm2 9530 Rp. 600.000
    BlackBerry Storm2 9550Rp. 650.000
    BlackBerry Style 9670 Rp. 650.000
    BlackBerry Torch 9800 Rp. 1,200.000
    BlackBerry Torch 9810 Rp. 1,350.000
    BlackBerry Torch 9850 Rp. 1,100.000
    BlackBerry Torch 9860 (Monza) Rp. 1,400.000
    BlackBerry Tour 9630 Rp. 650.000

    SAMSUNG
    Asli Buatan Korea.
    HARGA PROMO

    Samsung Galaxy Note II N7100 Rp 2.499.000.
    Samsung Galaxy Chat B5330 Rp 1.220.000.
    Samsung GT-E1205M Rp 145.000.
    Samsung Galaxy Ace Duos S6802 Rp 1.525.000.
    Samsung I8530 Galaxy Beam Rp 4.825.000.
    Samsung Galaxy Ace 2 I8160 Rp 2.250.000.
    Samsung I9300 Galaxy S III Rp 2.800.000.
    Samsung I9070 Galaxy S Advance Rp 2.850.000.
    Samsung Galaxy mini 2 S6500 Rp 1.400.000.
    Samsung E1390 Rp 200.000.
    Samsung Galaxy Ace Plus S7500 Rp 1.850.000.
    Samsung S 5300 Galaxy Pocket Rp 850.000.
    Samsung Galaxy Y Duos S6102 Rp 1.150.000.
    Samsung C3312 Deluxe Duos Rp 500.000.
    Samsung C3520 Rp 425.000.
    Samsung E1232B Rp 200.000.
    Samsung i9250 Galaxy Nexus Rp 2.250.000.
    Samsung C3350 X Cover II Rp 750.000.
    Samsung S5610 Rp 725.000.
    Samsung C3330 Champ 2 Rp 525.000.
    Samsung I8150 Galaxy W Rp 1.950.000.
    Samsung GT-N7000 Galaxy Note Rp 1,700.000.
    Samsung E1195 Rp 225.000.
    Samsung Galaxy Y S5360 Rp 875.000.
    Samsung i509 Galaxy Y CDMA Rp 875.000.
    Samsung W139 Rp 350.000.
    Samsung E2232 Rp 350.000.
    Samsung I9100 Galaxy S II Rp 2.250.000.
    Samsung C3322 Rp 400.000.
    Samsung E1182 Rp 175.000.
    Samsung E2152 Rp 425.000.
    Samsung E2652 Champ Duos Rp 615.000.
    Samsung S3850L Corby II Rp 550.000.
    Samsung B7510 Galaxy Pro Rp 1.550.000.
    Samsung Ch@t 322 Wi-Fi Rp 500.000.
    Samsung GT-E1055T Rp 175.000.
    Samsung GT-E3210 Rp 495.000.
    Samsung I9003 Galaxy SL 4 GB Rp 1.850.000.
    Samsung Nexus S i9023 Rp 1.350.000.
    Samsung I9003 Galaxy SL 16 GB Rp 3.000.000.
    Samsung Gio S5660 Rp 1.450.000.
    Samsung Galaxy FIT S5670 Rp 1.200.000.
    Samsung Samsung F480 - Rp 550.000.
    Samsung Galaxy Mini S5570 Rp 900.000.
    Samsung B6520 Omnia PRO 5 Rp 725.000.
    Samsung S5253 Wave525 Rp 900.000.
    Samsung i8510 innov8 Rp 875.000.
    Samsung S5830 Galaxy ACE Rp 1.750.000.
    Samsung S5333 Wave533 Rp 900.000.

    BalasHapus

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar