Home » » Tips Ampuh, Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Tips Ampuh, Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Ditulis Oleh Beny Setiawan pada Kamis, 26 April 2012

Bagi sebagian orang (lebih khusus lagi bagi para pelajar), Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang ditakuti. Entah kenapa. Mungkin saja kebanyakan dari kita enggan untuk keluar dari zona nyaman. Ya, kita sudah terlalu nyaman dengan kondisi lingkungan yang ada disekitar kita. Termasuk dalam hal ini adalah bahasanya.
Aku ingat ketika dulu masih SMA, begitu banyak teman-temanku yang memilih untuk takut lebih dulu mempelajari bahasa Inggris dibandingkan mengatasi ketakutan itu. Mereka merasa bahasa Inggris adalah monster yang menakutkan. Karena itu, memilih diam adalah jalan yang terbaik menurut mereka.
Alasan lain yang membuat bahasa Inggris menjadi momok adalah cara mengajar bahasa Inggris di sekolah yang kurang efektif. Kebanyakan biasanya para guru-guru bahasa Inggris mengajarkan tenses dan grammar lebih dulu kepada para siswa, sebelum siswa itu menyukai bahasa Inggris dulu.
Sebenarnya ini bukan kesalahan guru 100% deh. Soalnya kan guru hanya menjalankan kurikulum yang katanya menjadi panduan kita jika ingin sukses di masa depan. Karena itu, kita sebagai siswalah yang harus lebih kreatif agar suasana belajar Bahasa Inggris ini bisa lebih kondusif bagi kita. Bagaimana caranya ?

Buang Jauh-Jauh Tenses dan Grammar
Agak ironis memang. Tapi itulah yang harus kamu lakukan pertama. Ciptakan dulu rasa suka pada Bahasa Inggris. Buatlah cara belajar bahasa Inggris kita seperti saat kita belajar bahasa Indonesia sewaktu kita kecil dulu.
Apakah waktu kecil kita memikirkan tata bahasa ? Misalnya kalau mau minta susu, masa’ kita ngucapin kayak gini “Ibu, bolehkah saya meminta susu untuk saya minum ? Saya sedang haus” Hahaha lucu kan kedengarannya.
Nah, sama aja dengan mempelajari bahasa Inggris. Tata bahasa yang baik itu emang perlu, tapi kalau kita belajar bahasa Inggris langsung dengan tata bahasa yang teratur dan baik, akan sama kedengarannya dengan anak kecil yang meminta susu tadi.
Jadi pokoknya kita asal ngomong aja. Tapi ga asal-asal banget. Yang penting orang ngerti apa yang kita sampaikan itu udah cukup kok. Di negara asalnya pun, banyak orang-orang yang berbicara tanpa grammar (tata bahasa) yang bener kok. Jadi ga perlu takut apalagi minder dengan nilai tata bahasa kamu yang jelek. Pede aja lagi.
Banyakin Kosa Kata dengan Kartu-Kartu

Nah, kalau ga musingin tenses dan grammar, apa yang sebaiknya kita pelajari dulu ?

Kosa kata (vocabulary). Ini yang paling penting. Karena bagaimanapun pintarnya kita tenses dan grammar, kalau kosa kata kita kurang, ya tetep ga akan bisa ngomong juga. Sebaliknya kalau kosa kata bahasa Inggris kita banyak, walaupun tata bahasa kita ancur, kita tetep bisa ngomong dan orang yang kita ajak ngomong itu akan ngerti.

Tantangannya sekarang adalah, bagaimana cara kita menghapal kata-kata bahasa Inggris yang jumlahnya jutaan atau milyaran itu ya ? Oh ya, asal kamu tahu, sebenarnya dalam 80% pembicaraan menggunakan bahasa Inggris, kita hanya menggunakan lebih kurang 1200 kata aja. Itu kata-kata yang umum dipakai.

Jadi kalau kita bisa menghapalkan 1200 kata itu, Insya Allah kita akan bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris. Percaya deh. Nah gimana menyiasati agar kita semakin mudah menghapalnya ? Ini dia tipsnya, menggunakan kartu-kartu.

Pertama potonglah kertas (boleh HVS, kuarto, atau karton) seukuran KTP atau kartu nama. Nah tuliskanlah dibagian depan itu kata bahasa inggris yang belum bisa kamu hapal. Nah dibawah kata itu tuliskan juga contoh katanya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Kemudian di belakang kartu itu, tulislah artinya dalam bahasa Indonesia (atau bahasa jawa juga bisa, kalau kamu lebih fasih bahasa jawa dibandingkan bahasa Indonesia :) ). Trus dibawahnya tulis juga arti dari kalimat bahasa Inggris yang kamu tulis di depan kartu itu.

Susah nulis kalimatnya ? Gampang kok, cari aja di kamus. Biasanya kamus yang bagus juga langsung menyebutkan penggunaan kata tersebut dalam contoh kalimat. Mungkin kamus itu agak sedikit mahal dibandingkan kamus yang tulisannya “100 Milyar kata Bahasa Inggris – Lengkap !”, tapi investasi kamu ga akan percuma kok. Lebih baik beli 2 kamus sekaligus. Inggris – Indonesia dan Indonesia – Inggris.

Udah jadi ? Cukup 5 kartu aja kok perhari. Ga usah banyak-banyak dulu. Kalau kamu bisa ngapal 5 kata aja perhari, trus sebulan kamu bisa hapal 150 kata kan ? Nah dalam 8 bulan kamu udah bisa menghapal 1200 kata. Mudah kan ?

Memang membuat kartu-kartu ini sangat mudah, tapi konsistensi adalah hal yang paling sulit. Karena itu kamu harus menekankan di diri kamu kalau kamu ingin sungguh-sungguh belajar Bahasa Inggris. Insya Allah langkah kamu akan dimudahkan kok.

Banyakin Baca Blog Berbahasa Inggris

Karena saya blogger dan pembaca blog ini juga rata-rata adalah blogger, maka saya menganjurkan agar kalian banyak membaca blog-blog berbahasa inggris. Dulu ketika awal saya membuat blog ini, waktu saya banyak tersita untuk membaca sebuah blog dari Australia yang dikelola oleh Darren Rowse dengan Pro Blogger.net nya.

Awalnya sih sempat bingung juga karena semua artikelnya menggunakan bahasa Inggris (ya iyalah, masa’ bahasa Jawa ? hehehe). Tapi aku coba aja paksa membacanya. Eh, ternyata aku bisa ngerti kok. Walaupun ada beberapa kata yang ga aku ngerti artinya. Tapi inti dari artikel itu bisa aku ngerti dengan baik.

Nah, lama-lama kata yang sebelumnya ga kutahu tadi jadi begitu familiar denganku, dan langsung bisa ngapal di luar kepala, beserta penggunaan katanya dalam kalimat. Jadi, yang terpenting adalah kamu bisa mengerti maksud dari artikel itu. Bukan ngerti kata per kata.

Biasanya bahasa blog itu lebih mudah dimengerti dibandingkan bila kita membaca artikel bahasa Inggris dalam sebuah majalah, buku ataupun koran. Karena dalam majalah, buku ataupun koran itu, menggunakan bahasa Inggris yang kaku. Ga seperti blog yang menggunakan cara penyampaian seperti orang berbicara.

Nih aku kasih daftar blog yang bagus kamu baca untuk ningkatin kemampuan kamu berbahasa Inggris :

Ya, semua blog itu adaah tentang blog. Jadi kalian sekaligus bisa belajar berbagai hal tentang blog. Sekali mendayung dua tiga pulau eh dua tiga blog terlampaui kan ?

Jadi belajar bahasa Inggris ga sulit lagi kan ? Oh ya, kalau kalian punya saran dan tips tamabahan bisa diisi di komentar.

DiPosting Oleh : Beny Setiawan ~ Pakbendot.com

Artikel Tips Ampuh, Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris ini diposting oleh Beny Setiawan pada hari Kamis, 26 April 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :

36 komentar:

  1. tengkyu boz...

    BalasHapus
    Balasan
    1. FREE DOWNLOAD SEDUCE ME AND OTHER SEX GAMES ADULT 18+ FOR PC FULL VERSION LATEST VERSION COMPRESSED 18+ DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.buzzergames.blogspot.com

      Hapus
  2. trim's mas atas masukan soalnya saya sangat butuh sekali melanjutin studi diluar negeri. sekali lagi trim's ya

    BalasHapus
  3. Great post.. Bro !

    I Little-Little understand english language.. ☺

    BalasHapus
  4. bagus banget postingannya bro...!!

    BalasHapus
  5. I now understand the English language

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah tuh..!! now = sekarang, kalau know = tahu.

      Hapus
    2. mungkin maksudnya. now, i understand the english language...kita sama" belajar bro, semoga semua bisa faham dan fasih bhs inggris

      Hapus
    3. iya tuh maksudnya now,, i understand the english language

      Hapus
  6. alamat blognya apa-apa ja yg bagus mas?

    BalasHapus
  7. qoo gaa adaa alamat blog yang mw dkcih tau si
    alamat blog yyang tntang b.inggris ?

    BalasHapus
  8. Thanks masukkannya..tp jangan lupa yah agan2 kudu jg dipraktekin...cuek aja kalo ketemu bule di jalan..sapa aja..itung2 praktek gratis....ane jg alhamdulillah bisa bahasa inggris karena nekat..:-)

    BalasHapus
  9. tak praktekin dulu, baru bisa komen'
    tpi sebelumnya thanks ya..

    BalasHapus
  10. makasih materinya sangat membantu

    BalasHapus
  11. .thanks brow,..
    .smoga mkin mntaaaapp,...

    BalasHapus
  12. daftar blog nya adalahh,,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  13. thank you mas, insya Allah dipelajari :)

    BalasHapus
  14. 1200 vocab itu apa aja yaa?? kasih tau dong kakak kakak.. :)

    BalasHapus
  15. Makasih Atas Partisipasinya Gan....

    BalasHapus
  16. infonya keren banet gan thx ya

    BalasHapus
  17. terima kasih banyak untuk berbagi informasi ... Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua

    BalasHapus
  18. 1200 vocabnya itu apa aja ya?

    BalasHapus
  19. Boleh juga infonya...Thx yaaa...

    BalasHapus
  20. 1200 itu mana kata2nya saya mau dong buat belajar.......?
    tolong i tampilkan i blognya 1200 kata itu

    BalasHapus
  21. ini sudah bagus sekali untuk dijadikan teknik belajar b.inggris, mendengar bahasa inggris memang ada rada serem. hehe
    tp setelah paham cara belajarnya terasa ringan dan mudah ditelan ibarat air yng dengan mudah di hirup.. terima kasih ya infonya. keep shere :)

    BalasHapus
  22. tulisan yang menarik...bicara soal grammar...saya suka sekali dengan itu...saya bingung dan tidak tau cra merangkai kalimatnya tanpa mempunyai pengetahuan tentang grammar. keep writing.

    BalasHapus

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar