Home » » Belajar Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Belajar Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Ditulis Oleh Beny Setiawan pada Jumat, 27 April 2012

Laporan Keuangan Adalah

Membahas tentang laporan keuangan sebenarnya adalah momok bagi saya. Apalagi jika mendengar istilah akuntansi. Meskipun saya tidak begitu mencintai tentang ilmu akuntansi, tetapi saya tetap bersungguh-sungguh untuk mengetahui bagaimana membuat laporan keuangan. Untuk itulah pada postingan ini, saya ingin belajar bersama anda tentang belajar laporan keuangan sederhana. Mengingat saya adalah newbie dalam bidang ini, karena backgraoung pendidikan saya sebenarnya adalah psikologi, untuk itu juga terdapat kesalahan mohon dimaklumi.

Menurut Wikipedia, laporan keuangan adalah sebuah catatan informasi keuangan pada suatu periode yang kebutuhannya digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahan tersebut.

Untuk tataran dalam skala besar, laporan keuangan memang sangatlah penting bagi sebuah perusahaan, karena laporan keuangan ini bisa menyediakan informasi tentang posisi keuangan perusahaan terkini dan uptodate, mengetahui perubahan keuangan yang mungkin terjadi, dan bisa juga untuk pengambilan keputusan perusahaan terkait dengan posisi keuangan tersebut. Contoh, misal sebuah perusahaan dalam bulan ini ternyata mempunyai surplus penjaulan yang tinggi, maka untuk pihak pimpinan dan atau manajemen perusahaan tersebut bisa mengambil keputusan misalnya dengan menambah promosi, sehingga semakin manambah penjualan. Atau bisa juga memberikan reward (hadiah) kepada pelanggan.

Belajar Laporan Keuangan Sederhana
pic: cartoonstock

Bentuk Laporan Keuangan

Untuk bentuk laporan keuangan seingat saya ketika masih smu dulu, pernah memperoleh pelajaran akuntansi. Laporan keuangan secara lengkap terdiri dari neraca, laporan rugi laba, laporan perubahan ekuitas (modal) dan laporan arus kas.

Neraca terdiri dari dua bagian yaitu Activa (kolom sebelah kiri) dan Passiva (kolom sebelah kanan). Activa terdiri dari Kas, Piutang dan Peralatan, sedangkan passiva terdiri dari kewajiban dan ekuitas.

Laporan rugi laba secara sederhana adalah untuk mengetahui posisi keuangan, apakah pada periode tertentu memperoleh laba atau rugi. Laporan rugi laba ini sering saya gunakan sehari-hari untuk menghitung pengeluaran bulanan, fungsinya untuk manajemen keuangan keluarga, yah supaya tidak mengalami defisit pada bulan tertentu, dan tidak terbebani dengan hutang.

Laporan perubahan ekuitas, ini digunakan untuk adanya perubahan modal yang telah dimiliki suatu perusahaan atau dengan kata lain adalah untuk mengetahui jumlah modal akhir yang dimiliki perusahaan tersebut.

Sedangkan laporan arus kas berguna untuk mengetahui aliran uang (kas) yang masuk dan yang keluar pada suatu perusaahaan ketika periode tertentu.

Semoga bermanfaat.

DiPosting Oleh : Beny Setiawan ~ Pakbendot.com

Artikel Belajar Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana ini diposting oleh Beny Setiawan pada hari Jumat, 27 April 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :

1 komentar:

  1. postingan ini sangat menarik serta enak di baca tentang belajar cara membuat laporan keuangan.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar