Home » » Tips Cara Merawat Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect)

Tips Cara Merawat Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect)

Ditulis Oleh pakbendot.com pada Jumat, 13 Juli 2012

Tips Cara Merawat Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect) - Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect) merupakan kamera yang lumayan mahal harganya dan juga mengingat biaya untuk memperbaikinya juga tidak murah. Maka dari itu harus diperhatikan cara menjaga dan merawatnya.


Ada beberapa hal harus diketahui agar kamera terawat dan tahan lama:

- Taruhlah kamera di dalam tas khusus kamera setelah menggunakannya. Hindari menyimpan kamera di tempat yang bersuhu lembab.

- Jaukan kamera dari kapur barus, karena dapat merusak sirkuit elektronik. Gunakan silica gel agat kamera terhindar dari jamur.

- Tas kamera haruslah memiliki bahan yang lembut dan busa yang cukup tebal agar terhindar dari benturan.

- Gunakan selalu pelindung LCD agar tidak mudah tergores.

- Gunakan tali pengaman kamera di leher pada saat kamera digunakan.

- bersihkan selalu kamera sehabis digunakan.

- jaukhan kamera dari jangkauan anak-anak.

kali ini gak bakal panjang lebar kok, cuman sekedar review & jelasin pokok-pokoknya aja guys tentang bagian-bagian kamera DSLR. Yah padahal gue sendiri belum punya, yah tapi berbagi kan apa salahnya ? hehehehe yah gak ? Tapi maaf banget nih guys, gue ngambil contohnya pake Sony Alpha series, why ? kenapa gak Canon ? Kenapa gak Nikon ? Karena di serie ini banyak feature yang harus diketahui oleh para newbie kaya gue .
Oh yah guys, tiap kamera DSLR beda-beda loh body nya. Jangankan karena beda merk, yang beda merk pun kadang bisa beda jauh, yah walaupun intinya sih sama. OK Lets start guys !!!

Front Side
1. Lensa
Nah inilah lebihnya DSLR, zoom dan fokus bisa kita atur secara manual (walaupun otomatis juga bisa sih ). Kita juga bisa mengubah jenis-jenis lensa sesuai kebutuhan kita, misalnya : Clasic Lense, Fishe eye Lense, Super Wide angel lense dan sebagainya (baca : Jenis-jenis Lensa pada kamera DSLR di blog ini yah ). Tapi ingat setiap DSLR dan lensa memilik perbedaan mount, jadi kalau kita ingin membeli lensa pastikan size mount kamera dan lensanya sama, dan ingat juga biarpun ukuran mount sudah sama belum tentu juga cocok, maka itu perlu teliti sebelum membeli.
2. Grip
Grip adalah bagian menonjol dibagian kanan kamera yang berfungsi sebagai pegangan kamera supaya kita bisa memegangnya dengan kuat. Di dalam Grip terdapat batere kamera loh.
3. Shutter & Dial
Tombol shutter berguna untuk mengambil bidikan sedangkan tombol dial berfungsi untuk mengatur kecepatan aperature (diafragma)
4. Tembol Lensa
Fungsinya untuk memisahkan kamera dari lensa dan menahan beban lensa saat menyatu dengan kamera DSLR.
5. Shut Mode Button
Atau yang biasa disebut tombol modus pemotretan, berguna untuk mengatur mode-mode pemotretan yang kita inginkan (untuk selengkap nya baca disini guys )
6. Built in Flash Light
Merupakan lampu flash internal, lumayan sih buat penerangan tapi jeleknya hanya bisa menghadap ke satu arah.
to be continued dulu deh guys, ngantuuuuk… Besok dilanjtin kok
its time for update

Back Side
1. Viewfinder
Viewfinder merupakan istilah lain dari jendela bidik. Jadi, apapun output yang kita lihat akan sama hasilny jika dilihat via viewfinder atau LCD. Di viewfinder ini juga terdapat informasi-informasi seputarkecepatan rana, titik fokus, histogram dan sebagai nya. Nah dibagian viewfinder ada bantalan karet sebagai penahan mata yang disebut eye piece, fungsinya untuk menahan cahaya yang masuk ke viewfinder supaya objek benar-benar real.
2. Monitor LCD
Monitor LCD disini berfungsi menjadi 3 fungsi. Pertama yang sudah pasti adalah fungsi nnya untuk melihat hasil gambar yang sudah kita ambil. Kedua, fungsinya untuk melihat info-info dan setingan pada kamera. Dan yang terakhir adalah sebagai fungsi Live View. Feature Live View fungsinya sama seperti viewfinder yang berfungsi sebagai alat melihat objek yang kita bidik.
3. Tombol Navigasi
Fungsinya untuk mengendalikan seting kamera & membantu kita melihat photo yang sudah diambil. Tiap DSLR berbeda-beda dalam menampilkan fitur ini. Ada yang berbentuk scroll (yang ada di gambar), bentuk analog & tombol 4 arah biasa. Namun yang gue pakai buat contoh ini adalah yang versi tombol 8 arah di Sony Alpha 300 guys.
4. Tombol AV (Exposure Compensation)
Fungsinya untuk mengatur kompensasi pencahayaan.
5. Tombol Fn
Merupakan salah satu tombol pengaturan menu, bisa digunakan untuk seting white balance & Matering etc.
6. Tombol Zoom
Fungsinya bukan untuk meng-Zoom gambar pada saat kita membidik via viewfinder or LCD loh guys. Tapi disini berfungsi untuk meng-Zoom Out/In foto yang sudah kita ambil di tampilan LCD.
7. Tombol Anti Goyang
Atau yang biasa disebut dengan istilah AntiShake Button.
8. Tombol Play
untuk merubah dari mode siap potret ke mode preview
9. Tombol Power
Gak usah dijelasin ini mah
10. Tombol Hapus
Apalagi ini, masa perlu dijelasin hehehehhe
Side View

1. Tilt LCD
Nah, fitur inilah yang mau gue tampilin. Tilting LCD merupakan fitur penekukan LCD supaya bisa lebih fleksibel ketika kita mengambil foto dalam posisi sudut pandang atas, sudut pandang sejajar dan juga sudut pandang bawah.
2. Slot Memory Card
Fungsinya untuk menaruh Memory Card.
3. Dioptri Scroll
Fungsinya untuk menyesuaikan pandangan di viewfinder pengguna SLR yang mempunyai gangguan dioptri pada matanya.
4. HotShoe
Fungsinya adalah sebagai dudukan external flash.

DiPosting Oleh : pakbendot.com ~ Pakbendot.com

Artikel Tips Cara Merawat Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect) ini diposting oleh pakbendot.com pada hari Jumat, 13 Juli 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :

1 komentar:

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar