Home » » Tau G' sih | Bagaimana Cara Kerja Internet

Tau G' sih | Bagaimana Cara Kerja Internet

Ditulis Oleh pakbendot.com pada Kamis, 12 Juli 2012

Tau G' sih | Bagaimana Cara Kerja Internet - Pertumbuhan internet saat ini semakin berkembang. Anda akan menemukan banyak alamat www.blabla.com di berbagai tempat, termasuk di berbagai media, seperti televisi, radio atau di majalah. Kini, internet seolah telah menjadi bagian penting dari hidup kita. Dan untuk dapat lebih meng-efektifkan penggunaannya, maka anda harus memiliki pemahaman yang baik mengenai internet itu sendiri – termasuk menjawab pertanyaan, seperti ‘bagaimana cara kerja internet?’.

Cara Kerja Internet – IP Address

Pertama-tama, mari kita kenalan sedikit dengan IP address. Jadi, karena internet ini merupakan jaringan komputer global, maka setiap komputer yang terhubung ke internet harus memiliki alamat yang unik yang disebut dengan IP address. Jika anda terhubung ke internet melalui Internet Service Provider (ISP), maka anda akan diberi alamat IP sementara selama durasi sesi dial-in anda, Tapi jika anda terhubung ke internet melalui local area network (LAN), maka komputer anda akan memiliki IP address permanen atau mungkin juga mendapat alamat sementara dari server DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).
Secara singkat, dalam sebuah proses pengiriman paket data, sebuah komputer pengguna (client computer) harus terhubung terlebih dahulu ke sebuah server agar bisa terhubung ke jaringan internet. Tugas server adalah mengatur akses serta mengirimkan paket-paket data dari dan ke internet. Yang menghubungkan komputer pengguna dengan server adalah protokol.
Cara Kerja Internet - IP Address

Cara Kerja Internet – Protokol TCP/IP

Bagaimana cara komputer melakukan komunikasi dengan komputer lain yang terhubung ke internet? Kita lihat contohnya. Misalnya IP address anda adalah 1.2.3.4 dan anda ingin mengirimkan pesan ke komputer dengan IP address 5.6.7.8. Pesan yang anda tulis berupa kata ‘Hello 5.6.7.8!’. Pesan tersebut harus dikirim melalui saluran yang menghubungkan komputer anda ke internet. katakanlah anda telah terhubung ke ISP anda dari rumah dan pesan yang bersangkutan harus dikirim melalui saluran telepon. Oleh karena itu, pesan yang awalnya berupa teks abjad harus diterjemahkan menjadi sinyal elektronik, ditransmisikan melalui internet, lalu diterjemahkan kembali ke dalam teks abjad. Bagaimana caranya ya? Nah, proses ini dilakukan oleh lapisan-lapisan protokol. Setiap komputer protokol untuk berkomunikasi di internet. Protokol yang digunakan pada internet ini disebut sebagai protokol TCP/IP.
Apa saja sih tahapan-tahapan yang terjadi pada protokol TCP/IP? Sebelumnya, kami perkenalkan 4 layer (lapisan) utama pada protokol TCP/IP, yaitu Application layer, TCP layer, IP layer dan hardware. Berikut penjelasannya :
- Pesan yang bersangkutan akan memulai perjalanan dari Application layer dan melanjutkannya ke TCP layer. Setiap paket akan diberi nomor port. Protokol harus tahu di komputer tujuan program mana yang akan menerima pesan, itulah sebabnya paket dilengkapi dengan nomor port.
- Setelah melalui TCP layer, paket akan melanjutkan perjalanan ke IP layer dimana setiap paket akan menerima alamat tujuan, yaitu 5.6.7.8 (berdasarkan contoh).
- Kini paket pesan anda telah memiliki nomor port dan IP address serta siap untuk dikirim melalui internet. Sedangkan hardware layer akan mengubah paket yang awalnya berisi teks abjad ke sinyal elektronik untuk kemudian mengirimkannya melalui saluran telepon.
- Di ujung lain saluran telepon, ISP anda telah memiliki koneksi langsung ke internet. Kemudian router ISP akan memeriksa alamat tujuan pada setiap paket data serta menentukan akan dikirim ke mana paket yang bersangkutan tadi. Untuk menentukan IP yang menjadi target, biasa dipergunakan system DNS (Domain Name Server) yang berfungsi untuk merubah nama dari berbentuk huruf (A-Z, -, 0-9) menjadi data berbentuk angka.
- Akhirnya, paket akan sampai di komputer tujuan, yaitu komputer dengan IP address 5.6.7.8. Disini, paket-paket akan mulai melakukan perjalanan pulang. Selama perjalanan pulang, semua data-data routing (seperti IP address dan nomor port) yang disertakan sebelumnya akan dilucuti dari paket.
- Saat data tersebut sampai pada application layer, maka paket telah berubah kembali ke bentuk aslinya, yaitu ‘Hello 5.6.7.8!’
Cara Kerja Internet - TCP/IP & DNS
Sumber: http://ahlikompie.com

DiPosting Oleh : pakbendot.com ~ Pakbendot.com

Artikel Tau G' sih | Bagaimana Cara Kerja Internet ini diposting oleh pakbendot.com pada hari Kamis, 12 Juli 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar