Home » » Ini Dia Rahasia Kemenangan Pasangan Jokowi-Ahok

Ini Dia Rahasia Kemenangan Pasangan Jokowi-Ahok

Ditulis Oleh pakbendot.com pada Kamis, 12 Juli 2012

Ini Dia Rahasia Kemenangan Pasangan Jokowi-Ahok - Kemenangan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta, Rabu kemarin, 11 Juli 2012, memutarbalikkan prediksi semua lembaga survei. Sebelumnya, empat lembaga survei--Indo Barometer, Sugeng Sarjadi School of Government, Lingkaran Survei Indonesia, serta Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis)--menyatakan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli bakal menang mudah. Kubu ini bahkan sesumbar bakal menang pemilihan dalam satu putaran saja.
Nyatanya, semua hasil hitung cepat (quick count) yang dirilis Rabu, 11 Juli 2012, menunjukkan angka berbeda. Justru pasangan Jokowi-Ahok, yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), yang unggul sementara. Menurut hitung cepat Indo Barometer, misalnya, Jokowi-Basuki meraih 42,24 persen suara, jauh di atas Fauzi-Nachrowi yang hanya meraup 33,77 persen suara.

Pengamat kebijakan publik Universitas Indonesia, Andrinof A. Chaniago, yang juga menjadi konsultan politik untuk Jokowi, menilai kemenangan jagonya itu ditentukan pada sepekan terakhir menjelang hari pencoblosan. "Saya kira kampanye kubu Foke pada H-7 terlalu ofensif dan banyak melakukan serangan agresif, sehingga terkesan tidak etis dan kontraproduktif," katanya. Model kampanye macam itu, kata Andrinof, akhirnya menjadi senjata makan tuan.

Pada saat yang sama, Jokowi berhasil mencitrakan diri sebagai alternatif terbaik untuk menggantikan incumbent. "Sosok Jokowi dinilai lebih menjanjikan untuk membawa perubahan di Ibu Kota," kata sosiolog Universitas Indonesia, Imam B. Prasodjo. Warga Jakarta terutama mengenal Jokowi berkat prestasinya yang menonjol sebagai Wali Kota Solo. "Jokowi dikenal dengan mobil Esemka, pembelaannya terhadap pedagang kaki lima dan melindungi pasar tradisional, bahkan pernah berantem dengan Gubernur Jawa Tengah karena menentang pembangunan mal," kata Imam lagi.

Penilaian itu dibenarkan oleh peneliti Lembaga Survei Indonesia, Burhanudin Muhtadi. Semua citra baik itu, kata dia, disokong pula oleh pemberitaan positif di media massa dan media sosial. "Jokowi itu memang media darling (kesayangan media)," katanya.

Selain itu, faktor penting lain yang tak kalah menentukan adalah kinerja mesin partai. Peneliti LSI lainnya, Saiful Mujani, melihat dukungan Partai Demokrat dalam kampanye Fauzi kurang maksimal. "Sementara mesin PDIP dan Gerindra solid di belakang Jokowi."

Sumber: Tempo.co

DiPosting Oleh : pakbendot.com ~ Pakbendot.com

Artikel Ini Dia Rahasia Kemenangan Pasangan Jokowi-Ahok ini diposting oleh pakbendot.com pada hari Kamis, 12 Juli 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar