Home » » SMK Negeri 1 Kuala Tungkal My School

SMK Negeri 1 Kuala Tungkal My School

Ditulis Oleh Beny Setiawan pada Kamis, 05 April 2012





Visi
Mencipatakan mutu tamatan yang unggul dan siap bersaing di era globalisasi

MISI
Menyipakan siswa SMK menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang produktif,
Trampil, dan mandiri.
Menyiapkan siswa SMK untuk dapat mengisi atau menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan perkembangn dunia usaha, dunia industri, agar dapat meningkatakan taraf hidupnya.
Menyiapakan siswa SMKyang produktif dalam mempercepat dan memperkokoh perekonomian dalam rangka pembangunan nasional



Sejarah.
Didirikan oleh pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada Tanggal 23 Agustus 1993, dengan surat No 0313/8/1993. Merupakan Sekolah Menengah Kejuruan pertama di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dengan nama SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas). SMEA berlokasi di Jalan Kapten Piere Tendean, No. 32 Kuala Tungkal, awalnya SMEA memiliki 2 ruang teori dan 2 ruang pratik, yang di gunakan untuk kegiatan pendidikan, dan praktikum. Memiliki 2 jurusan pendidikan yaitu, jurusan Administrasi Perkantoran dan Jurusan Perdagangan.
Kemudian pada tahun 1997 untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah siswa SMEA maka Kepala sekolah SMEA yang pertama kali menjabat ialah Bapak Drs. Toto Subianto, memindahkan lokasi sekolah ini berdasarkan surat DIKMENJUR tahun 1996/1997, beralamat di jalan Delata Pura Manunggal II, no. 17 Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjun Jabung Barat, Jambi. Pada saat itu pula SMEA berganti nama menjadi SMK (Sekolah Menengaj Kejuruan) Negeri 1 Kuala Tungkal.
SMK N 1 Kuala Tungkal saat ini memiliki luas tanah sekitar 20.000 M2 dan luas bangunan 3376 M2. 17 tahun sekolah ini didirikan telah mengalami 4 kali pergantian kepala sekolah mereka yang pernah memimpin sekolah ini adalah, Drs. Toto Subianto, H. Paiman Suradi, Drs. Hartono dan sekrarang yang menjabar sebagai kepala sekolah adalah bapak Drs. H. Juhardi.

Jurusan, Fasilitas
Setelah berpeindah lokasi SMK Terus berkembang pesat, pada tahun 2000 SMK mendirikan jurusan akuntasi. Kemudian pada tahun 2007 SMK mendirikan jurusan Multimedia, dan jurusan Teknik Komputer Jaringan pada tahun 2009. Saat ini semua kegiatan itu di fasilitasi dengan 17 ruang teori, 5 ruang praktik, perpusatakan, satu unit produksi yang di lengkapi dengan mesin fotocopy, lapangan volly, lapangan upacara, arena gulat, tenis meja, kantin serta mushola.
17 ruang teori yang dapaat di gunakan oleh seluaruh siswa dari kelas 1 sampai kelas 3. Perpustakaan SMK menyediakan berbagai macam buku-buku yang dapat dijadikan bahan referensi dan pelajaran yang di ajarkan di SMK Negeri 1 Kuala Tungkal, perpustakaan ini menyediakan bermacam-macam jenis buku, mulai dari buku pelajaran hingga novel remaja juga tersedia. Laboratorium jurusan, laboratorium ini dilengkapi dengan alat-alat penunjang kebutuhan praktik setiap jurusan, di antaranya laboratorium Multimedia dilengkapi dengan komputer, kemera DSLR, Kamera MD 10000GC dan software-software editing audio dan vidio. Laboratorium teknik komputer jaringan dilengkapi dengan 10 unit komputer, jaringan internet, tower, dan perlengkapan komputer jaringan lainya. Selain lab-lab tersebut SMK juga memiliki laboratotiu bahasa, lab. Mesin Tik, serta unit produksi yang dilngkapi dengan mesin foso copy.

Kegiatan Ekstrakulikuler
Kegiatan ektraulikuler SMK N 1 Kuala Tungkal di antaranya iyalah.:
1. OSIS
Orgasnisasi Siswa Intra Sekolah, Memiliki program tahunan yang menjadi agenda rutin organisasi ini, di antara menjalakan kegiatan keagamaan seperti hari-hari besar agama, kegiatan nasional, seperti peringatan hari Kemerdekaan.
Organisasi ini juga mengdakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatakan minat dan bakat siswa SMK N 1 Kuala Tungkal dalam bidang akademik maupun bidang-bidang lainya
2. Pramuka.
Organisasi ini bernomor Gugus depan 765-766 SMK N 1 Kuala Tungkal, beranggotakan 40 orang siswa dan siswi. Bermacam prestasi telah di ukir organisasi ini. Mulai dari tingkat ranting hingga tingkat provinsi, SMK Juga pernah mengirim utusannya untuk mengikuti raimuna Nasionla beberapa waktu lalu.
3. PMR
Organisasi berlambang palang merah ini rutin menjalankan misi-misi kemanusiaan, baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Oraganisasi in juga memiliki kandidat-kandidat PMR yang disiplin dan berani, dan telah berpengalaman sebagai pelatih PMR tingkat SMP
 

DiPosting Oleh : Beny Setiawan ~ Pakbendot.com

Artikel SMK Negeri 1 Kuala Tungkal My School ini diposting oleh Beny Setiawan pada hari Kamis, 05 April 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar