Home » » Tau G' sih | Apa Bedanya Laptop, Notebook, Dan Netbook

Tau G' sih | Apa Bedanya Laptop, Notebook, Dan Netbook

Ditulis Oleh Beny Setiawan pada Kamis, 21 Juni 2012

Jika dilihat secara sekilas, laptop atau yang biasa juga disebut dengan notebook maupun netbook memang terlihat hampir serupa. Baik laptop maupun netbook, sama-sama memiliki layar LCD dan keyboard yang dihubungkan melalui engsel. Keduanya juga dijalankan dengan menggunakan energi dari baterai yang dapat diisi ulang. Namun, ternyata hanya di situlah letak persamaan kedua jenis komputer jinjing ini. Meskipun netbook dan laptop sama-sama dirancang untuk penggunaan mobile, netbook secara sederhana dapat dikatakan merupakan versi minimalis dari laptop biasa. Kebanyakan laptop cukup kuat untuk digunakan setiap hari dan dapat melakukan fungsi yang sama seperti komputer desktop seperti pengolahan kata, browsing web, multimedia dan banyak lagi. Selain itu, laptop juga memiliki ukuran standar keyboard dan layar 11 inci ke atas.
 
Istilah atau nama netbook sendiri sebenarnya merupakan penggabungan dari dua kata dasar, yaitu internet dan notebook. Dan seperti namanya, netbook memang dirancang untuk aplikasi yang mengandalkan akses internet, seperti email dan aplikasi berbasis web lainnya. Netbook lebih dirancang untuk memudahkan dan meningkatkan mobilitas penggunanya, dibekali dengan keyboard dan layar yang berukuran lebih kecil dari laptop biasa, dimana netbook umumnya berukuran dari 7 sampai 10 inci saja. Selain itu, berat netbook yang sekitar 1 kilogram juga lebih ringan dari kebanyakan laptop, dimana berat laptop dapat mencapai 5 kilogram.
 
Karena netbook umumnya hanya ditujukan untuk melakukan tugas yang ringan, netbook biasanya hanya dipasangi dengan aplikasi dan sistem operasi yang lebih sederhana karena spesifikasinya pun lebih sederhana jika dibandingkan dengan laptop. Netbook biasanya juga tidak memiliki optical drive, sehingga mereka tidak dapat membaca data pada DVD atau CD. Netbook juga menawarkan kemampuan penyimpanan data yang sangat sedikit. Awal mula netbook berasal dari jajaran produk netbook milik Psion, sebuah perusahaan dari London yang dikenal karena memproduksi hardware, namun saat ini sudah tidak lagi diproduksi, dan proyek satu laptop untuk satu anak (One Laptop per Children, OLPC) dan Palm Foleo. Ketiganya merupakan perangkat komputer yang berukuran kecil, ringan, dan dapat digunakan untuk mengakses jaringan. Netbook kemudian mulai dikenal secara luas ketika produsen perangkat komputer Asus mulai memperkenalkan jajaran produk netbooknya ke pasaran.

Sumber referensi: http://www.berbagaihal.com/2012/06/beda-laptop-notebook-dan-netbook.html

DiPosting Oleh : Beny Setiawan ~ Pakbendot.com

Artikel Tau G' sih | Apa Bedanya Laptop, Notebook, Dan Netbook ini diposting oleh Beny Setiawan pada hari Kamis, 21 Juni 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar