Home » » Ada Formalin di Sabun Cuci Piring, Cucilah dengan Air Mengalir

Ada Formalin di Sabun Cuci Piring, Cucilah dengan Air Mengalir

Ditulis Oleh Beny Setiawan pada Minggu, 17 Juni 2012

Formalin atau formaldehyde yang biasa digunakan untuk mengawetkan jenazah bisa jadi terdapat pada sabun pencuci piring, kata Kepala Laboratorium Terpadu Institut Pertanian Bogor, Zainal Alim.

"Formaldehyde digunakan dalam formalin untuk mengikatkan zat aktif di dalam produk cuci piring, sehingga produk cuci piring tersebut lebih tahan lama dan awet," kata Zainal Alim pada sebuah media edukasi di Jakarta.

Zainal memaparkan, formalin akan segera bereaksi bila terkena suhu hingga 60 derajat celcius di mana pada suhu tersebut, formalin akan larut dan mudah berpindah media.

"Bila unsur formalin terdapat pada alat makan karena sabun cuci piring, maka dengan mudah formalin akan berpindah ke dalam tubuh kita saat terkena makanan bersuhu hingga 60 derajat celcius," ujar dia.

Zainal menjelaskan, formalin adalah zat reaktif yang dapat menghentikan cara kerja enzim sehingga proses pencernakan dalam tubuh akan kaku dan otomatis terganggu. "Kalau sistem percernaan kaku, maka otomatis tidak akan bekerja dan mencerna," kata Zainal.

Formalin yang terserap tubuh dalam kadar rendah bisa menyebabkan pusing dan mual, lalu iritasi, sedangkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit kanker dan rusaknya organ dalam tubuh, papar Zainal.

Cara Gampang Menghilangkan Formalin
Ada cara mudah untuk menghilangkan kandungan formalin pada alat makan, khususnya formalin dari sabun cuci piring. "Bilaslah peralatan makan sebanyak dua kali bilasan, dan lakukan hingga peralatan makan bersih, terutama saat piring hendak digunakan kembali," papar Zainal.

"Cara yang lebih baik lagi adalah, mencuci piring dengan air yang mengalir, sehingga piring lebih bersih dan kadar formalinnya dapat luntur akibat bilasan air mengalir," kata Zainal.

Formalin yang terkandung dalam sabun cuci piring dapat membahayakan kesehatan, seperti pening dan rasa mual sebagai dampak jangka pendek. Sementara untuk dampak jangka panjang dapat menyebabkan kanker dan rusaknya organ dalam tubuh.

"Permasalahannya, kadar formalin pada sabun cuci piring belum bisa deteksi secara awam," ujar Zainal  lalu mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati. "Ini dikarenakan deteksi kimiawi membutuhkan metode tertentu dan sulit untuk melihathya dengan kasat mata," katanya.

DiPosting Oleh : Beny Setiawan ~ Pakbendot.com

Artikel Ada Formalin di Sabun Cuci Piring, Cucilah dengan Air Mengalir ini diposting oleh Beny Setiawan pada hari Minggu, 17 Juni 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar