Home » » Tahukah Kamu Kalau 19 Desember Hari itu Trikora?

Tahukah Kamu Kalau 19 Desember Hari itu Trikora?

Ditulis Oleh Beny Setiawan pada Rabu, 19 Desember 2012

13242828781144764975
Monumen Trikora di Mabes TNI Cilangkap. Sumber Foto: detik.com

Tahukah Kamu bahwa hari , 19 Desember adalah Hari Trikora?
Tahukah Anda isi Trikora (Tri Komando Rakyat)?
Isi Trikora yang dilaungkan Bung Karno sebagai Presiden pertama Republik Indonesia pada 19 Desember 1961 di Yogyakarta adalah sebagai berikut:
1. Pancangkan Sang Saka Merah Putih di Irian Barat.
2. Gagalkan Negara Boneka Papua Barat bentukan Belanda.
3. Adakan mobilisasi umum.
1324282989342807550
Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia (1945-1966). Foto: www.penasoekarno.wordpress.com
Trikora, yang isinya tersebut di atas, adalah tiga perintah umum Bung Karno kepada TNI dan rakyat Indonesia untuk membebaskan Irian Barat yang saat itu masih dikuasai penjajah Belanda. Tindakan penguasaan sepihak tersebut merupakan bentuk pengingkaran isi Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda, pada 1949 yang mensyaratkan Belanda menyerahkan seluruh wilayah jajahannya kepada pemerintah sah Republik Indonesia yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.
Operasi Trikora (19 Desember 1961-15 Agustus 1962) sebagai implementasi teknis dari seruan Sang Pemimpin Besar Revolusi itu pun dilancarkan di bawah pimpinan Mayjen TNI  Soeharto yang kemudian membentuk Komando Mandala. Alhasil, sebagaimana dicatat dalam sejarah, Belanda berhasil diusir keluar dari bumi Papua. Dan rakyat Papua, melalui Pepera (pemungutan pendapat rakyat), dengan segala kontroversinya, menyetujui bergabung dengan Republik Indonesia pada 1963.
Tahukah Anda bahwa asal nama “Irian Jaya” (sebelum diubah oleh Presiden Abdurrahman Wahid pada tahun 2000 menjadi “Papua”) berasal dari akronim “Ikut Republik Indonesia Anti Netherlands” dan “Jaya” dari kata “kejayaan”?
Kendati dalam sumber lain, konon disebutkan makna kata “Irian” adalah “negeri yang panas udaranya”. Di sumber lain lagi, dikatakan itu berasal dari kata dalam bahasa Arab “al ‘uryan” yang berarti “negeri orang-orang yang telanjang”. Konon berdasarkan catatan Ibnu Batutah, sang pengelana legendaris di dunia Arab, saat pertama kali ia menginjakkan kaki di bumi Papua, yang dijumpai adalah orang-orang “telanjang”. Barangkali seperti gambaran yang kita lihat jika melihat suku-suku asli Papua seperti Asmat dan yang lain.
Tahukah Anda bahwa jika Bung Karno pernah berkata bahwa “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya” ?
Jika kita lalai mengingat, apatah lagi menghargai jasa para pejuang Trikora yang gugur puluhan tahun lalu, bagaimana kita bisa disebut sebagai bangsa yang besar?
Jika kasus kerusuhan hingga tindakan kekerasan berdarah yang terus berlanjut secara sporadis di Papua, bagi kita, tak lebih menarik daripada ukuran payudara Melinda Dee, barangkali “wajar” juga jika kita melupakan 19 Desember sebagai Hari Trikora, suatu hari bersejarah dalam catatan perjuangan bangsa.
Dan mungkin kita baru akan tersadar, bahkan mengutuk marah,  jika kelak Papua terlepas dari dekapan ibu pertiwi seperti halnya Timor Timur pada 1999 silam. Karena kita dikalahkan oleh musuh terbesar kemanusiaan, menurut Vaclav Havel, yakni lupa.
Kembali ke pertanyaan awal, tahukah kita bahwa 19 Desember adalah Hari Trikora?
Jika tidak, mari kita berdoa sebelum terlanjur berduka…

DiPosting Oleh : Beny Setiawan ~ Pakbendot.com

Artikel Tahukah Kamu Kalau 19 Desember Hari itu Trikora? ini diposting oleh Beny Setiawan pada hari Rabu, 19 Desember 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar