Home » » Cara Memperbaiki cd/dvd rom dan permasalahan seputarnya

Cara Memperbaiki cd/dvd rom dan permasalahan seputarnya

Ditulis Oleh Beny Setiawan pada Minggu, 27 Mei 2012

isi cd rom

pada rubrik troubleshooting kali ini kita akan mengupas tuntas seputar CD/DVD Rom, permasalah tentang CD/DVD ROM, bagaimana merawat CD/DVD Rom biar awet dsb, pantau terus, semoga troubleshooting CD/DVD Rom ini bermanfaat.

CD/DVD Rom tidak mau membaca

Bersihkan head CD/DVD Rom

 

cd cleaner

cd cleaner

Seringkali saya mendapati pertanyaan, mas kinta kok CD/DVD Rom saya gak bisa baca ? padahal saya baru beli 2-3 bulan lalu, pertanyaan pertama yang saya ajukan adalah apakah headnya pernah dibersihkan ?, emang perlu dibersihkan ya ?, ya perlu lah. Head pada CD/DVD Rom memiliki fungsi yang sama seperti mata, jika head/mata kotor maka penglihatan kita akan buram atau tidak jelas, begitu juga head CD/DVD Rom, sinar laser yang dihasilkan oleh head dapat terhalang oleh debu yang mengakibatkan pembacaan CD/DVD jadi tidak lancar. Solusinya, beli pembersih CD/DVD Rom, biasanya dilengkapi dengan alkohol, cara pakainya gampang, kalau tidak bisa boleh komentar dibawah.

Bersihkan CD/DVD

Seringkali saya dapati permukaan CD/DVD terdapat lemak atau bekas cetakan tangan, hal ini sangat membuat CD/DVD Rom akan cepat rusak, karena head akan dipaksa untuk membaca CD/DVD, oleh karena itu sebelum CD/DVD dimasukkan kedalam drive, pastikan bebas kotor dan lemak. Untuk membersihkan lemak atau bekas cetakan tangan dapat menggunakan pembersih cd yang banyak dijual di toko komputer.

CD/DVD Rom tidak mau eject

eject cd rom

eject cd rom

Pernah mengalami CD/DVD macet tidak mau dikeluarkan dari dalam drive ?, tentu dong, kalau ini terjadi, gampang aja, ambil penjepit kertas, kemudian sambil menekan tombol eject, masuk dan tekan lubang kecil yang terdapat di drive CD/DVD rom. voila, berhasil bukan.

CD/DVD Rom tidak terdetek

Permasalahan yang sering saya temui, yang ini relatif mudah, pertama cek apakah lampu indikator pada CD/DVD Rom menyala, jika tidak berarti adalah masalah power, coba ganti power yang terhubung ke CD/DVD Rom dengan kabel power yang lain, tentunya harus buka casing dulu. Jika sudah nyala namun tidak terdeteksi langkah selanjutnya adalah mengecek kabel IDE, kabel ukuran flexi ukuran besar yang menempel disamping kabel power, coba ganti dengan kabel IDE yang lain, biasanya dengan menggunakan dua langkah ini CD/DVD Rom terdeteksi kembali, jika tidak maka ada kerusakan hardware dan kamu harus beli yang baru hhe.

Sumber : komputerblog.com

DiPosting Oleh : Beny Setiawan ~ Pakbendot.com

Artikel Cara Memperbaiki cd/dvd rom dan permasalahan seputarnya ini diposting oleh Beny Setiawan pada hari Minggu, 27 Mei 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar