Home » » Cara Buat reply Comment Atau Thread Pada Blog

Cara Buat reply Comment Atau Thread Pada Blog

Ditulis Oleh Beny Setiawan pada Rabu, 23 Mei 2012

Sudah pada tahu semua apa belum? Kalau blogspot atau blogger sudah menghadirkan fitur barunya yaitu reply comment atau thread. Yaitu dengan fitur ini kita bisa membalas komentar secara langsung dan berada persis di bawah komentar yang kita balas. Sebenarnya fitur thread comment ini sudah lama hadir di platform ngeblog lain, seperti di wordpress.

Bagi saya sendiri yang menggunakan template custom, yaitu template yang bukan bawaan dari blogspot atau blogger. Dengan mengupload sendiri template. Ternyata tidak bisa menikmati fitur thread (reply comment) yang diberikan blogspot. Hal ini dialami oleh semua tempale custom. Untuk bisa menampilkan thread (reply comment) harus melakukan pengeditan template.

Manfaat adanya thread (reply comment) adalah membuat blog kita lebih hidup, tidak hanya berbicara sendiri tetapi juga ada interaksi. Saling berkomentar dan membalas atau menangapi komentar. Mengingat zaman sekarang semua media sosial lebih interaktif, tidak hanya searah sudah selayaknya blog kita juga mengikuti perkembangan itu.

Cara Menampilkan Thread (Reply Comment) Blogger di Custom Template
1. Login ke Blogger.
2. Di halaman Dasbor, kita pilih Rancangan.
3. Kemudian pilih Edit HTML
4. Untuk jaga-jaga back up template dengan mendownloadnya.
5. Beri tanda centang pada Expand Template Widget
6. Cari semua kode berikut ini:


<b:include data='post' name='comments'/>

7. Lalu ganti (hapus) dengan kode berikut:

<b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
<b:include data='post' name='threaded_comments'/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if>

8. Simpan Template jika sudah selesai.

Sekarang coba lihat, dengan membuka blog dan salah postingan, apakah sudah tampil thread atau reply comment. Ada beberapa template pada tahap diatas sudah bisa tampil, tetapi ada juga yang harus mengedit tempale lagi. Jadi cek dulu, berhasil apa belum. Kalau belum berarti harus melakukan tahap berikutnya, yaitu:

9. Cari kode berikut ini:

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><b:include data='post' name='comments'/></b:if>
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><b:include data='post' name='comments'/></b:if>

10. Lalu ganti kode di atas tadi dengan kode berikut:

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><b:if cond='data:post.showThreadedComments'><b:include data='post' name='threaded_comments'/><b:else/><b:include data='post' name='comments'/></b:if></b:if>
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><b:if cond='data:post.showThreadedComments'><b:include data='post' name='threaded_comments'/><b:else/><b:include data='post' name='comments'/></b:if></b:if>

11. Simpan Template jika sudah selesai.

Untuk kode CSS sendiri sudah otomatis ditambahkan oleh blogspot. Kita bisa merubahnya, untuk memudahkan menemukannya silahkan perhatikan di bagian bawah kode ini: <b:includable id='threaded_comment_css'>. Bagi yang CSS nya belum otomatis ditambahkan oleh blogspot, silahkan backup template kemudian upload lagi.

DiPosting Oleh : Beny Setiawan ~ Pakbendot.com

Artikel Cara Buat reply Comment Atau Thread Pada Blog ini diposting oleh Beny Setiawan pada hari Rabu, 23 Mei 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.Wassalam..

:: HOME::

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar dengan Baik Dan benar